Sayur Asem Buncis Cabe Gendot

on

Salah satu aktivitas favoritku dan Pakbos adalah nongkrong di dapur, dapur itu udah kayak playground. Entah kenapa ngobrol di dapur sambil masak itu selalu bisa jadi seru. Yes, Pakbos bukan tipe lelaki antidapur, dia bahkan akan manyun seharian kalo ga dibolehin bantuin masak. Kadang saking seringnya di dapur aku sering bingung harus masak apalagi demi memuaskan hasrat mencoba makanan baru setiap saat. Sampe akhirnya nyoba-nyoba sendiri aja. Beberapa kali nyoba resep sendiri (read : ngasal) ternyata justru malah jadi salah satu makanan favorit buat kita berdua. Salah satunya yang akan saya coba kenalkan ke temen-temen sekarang, yaitu Sayur Asem Buncis Cabe Gendot!

Cabe Gendot
Cabe Gendot
Kalo jalan-jalan ke Dieng atu Bromo, banyak yng udah dironce kayak gini
Kalo jalan-jalan ke Dieng atu Bromo, banyak yng udah dironce kayak gini

Buat temen-temen yang belum tau, Cabe gendot ini dia adalah jenis cabe species Capsicum chinense kalau diluar negri lebih dikenal dengan nama Habanero. Nah cabe ini banyak rasanya pedassssss sekali. Jauh lebih pedas dari cabe rawit biasa! Menurut skala Scoville (skala untuk mengukur tingkt kepedasan) Habanero atau Cabe Gendot ini memiliki nilai 100.000 – 350.000 tau sama dengan 4-7 kali lipat lebih pedas dari cabe rawit biasa loh! kebayang kan pedasnya seperti apa!

Masih edisi resep gampil, tapi karena kemarin udah makanan wong londo, sekarang makanan tanah air ya guys!

Ini dia tampakannya. Asli fotonya ga nyeni abis, ini ngasal aja fotonya. tapi jaminan mutu kok rasanya!
Ini dia tampakannya. Asli fotonya ga nyeni abis, ini ngasal aja fotonya. tapi jaminan mutu kok rasanya!

Sayur Asem Buncis Cabe Gendot

Bahan :

5 buah cabe gendot, dipotong bulat (jumlahnya optional tergantung mau sepedas apa)

300 gram buncis (cari yang masih muda ya), dipotong memanjang @ 3cm

100 gram daging sapi (paling enak pake sandung lamur), dipotong dadu 1x1cm

1/2 buah tomat merah

4 siung bawang merah, iris tipis

2 siung bawang putih, iris tipis

2 cm lengkuas, geprek

1 sdm asam jawa

700 ml air

garam, gula

Cara Masak :

1. Panasin panci antilengket, beri minyak sedikit dengan api sedang.

2. Masukin bawang merah, bawang putih dn lengkuas. Tumis sampe harum.

3. Masukin cabe gendot tumis sampe agak layu, terus masukin daging dan tumis lagi sampe berubah warna jadi abu-abu.

4. Masukin air, buncis, tomat, asam jawa, garam, gula, dan sedikiiiiit aja penyedap non-msg. garam dan gulanya diadjust sesuai selera aja.

5. Kalo buncisnya udah empuk, matikan dan langsung siap dimakan!

i heart indonesian food
i heart indonesian food
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s