Terong Teri ala Padang!

Meskipun aku dan pakbos orang Jawa, masakan Padang adalah salah satu yang sering jadi menu makanan kami. Dulu waktu masih koas di Bandung, ada sebuah warung padang di dalam terminal dekat stasiun hall yang sering kami kunjungi, namanya Malah Dicubo. Pertama kali kenalan sama warung ini dikenalin sama salaah satu temen makan waktu koas. Dan sejak saat itu, aku ga pernah mau lagi makan di Sed*rh*na. Menurutku, rasa makanan di Malah Dicubo lebih enak dan harganya pun lebih murah maklum mahasiswa. Satu-satunya kekurangan dari warung ini adalah tempatnya yang terletak didalam stasiun, kecil dan panas sehingga mungkin kurang nyaman untuk teman-teman yang mencari kenyamanan saat makan. Kalau untukku dan pakbos sih selama makanannya enak, Hajar!

Malah Dicubo
Malah Dicubo
Dendeng Batokok. Makann favoritku dan Pakbos di Malah Dicubo
Dendeng Batokok. Makann favoritku dan Pakbos di Malah Dicubo

Hari ini tiba-tiba kangen juga masakan padang, sudah lama ga makan padang. Setelah berperang dengan kemageran, berangkatlah aku ke tukang sayur dengan niat mencari daging buat bikin dendeng batokok. engingengingeng! Tukang sayur jam 6 pagi kok ya udah ga ada apa-apa. Karena mager untuk ke pasar, jadi yaudahlah batal bikin dendeng, mari ditukar terong saja dagingnya yang penting tetep dimasak ala padang. Toh rasanya enak juga :p Daaan pastinya tetep dengan resep gampil yang tinggal cemplung-cemplung doang.

Terong Teri Ala Padang

Bahan :

6 buah terong ukuran sedang (potong kecil setengah lingkaran)

100 gram cabe hijau

50 gram teri

6 siung bawang merah

5 siung bawang putih

garam, gula

minyak

Cara Masak :

1. Masukin ke dalam food processor cabe hijau, bawang merah, bawang putih dan minyak 1 sdm. JANGAN DIKASIH AIR. kebiasaan kalo blender pake air kalo yang ini jangan yaaa pake minyak aja. Dan jangan lama-lama, biar hasilnya masih kasar. Sebenernya bisa aja sih diuleg tapi karena mager nguleg bisa bikin carpal tunnel syndrome jadi aku memilih blender :p

Blendernya cukup sampe gini aja
Blendernya cukup sampe gini aja

2. Goreng terungnya di minyak panas 1 menit aja. Jangan lama-lama karena nanti jadi terlalu banyak minyak yang diserap kalo terlalu lama. angkat, sisihkan.

Potongan terongnya gini
Potongan terongnya gini

3. Di penggorengan baru, panasin minyak 3 sdm. Kalo udah panas, masukin teri, goreng sebentar sekitar 1 menit. Terus, masukin bumbu yang udah di blender, tumis sampe harum.

4. Tambahin garam dan gula. jangan terlalu banyak garamnya, karena terinya udah asin. terus masukin terongnya.

5. Masak sambil sesekali diaduk selama 3 menit. Angkat dan sajikan!

ini diaaa! Masih tetep dengan foto yang ga nyeni ya hahaha
ini diaaa! Masih tetep dengan foto yang ga nyeni ya hahaha

Selamat mencoba, girls!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s