Mandalawangi Camping Ground!

Siapa yang long weekend ini liburan mendadak hayoooo? *ngacung* Alhamdulillah setelah sekian lama absen dari dunia per-outing-an akhirnya weekend ini mendadak family outing lagi. Sejak mulai gede-gede dan punya acara sendiri-sendiri, susah banget yang namanya ngumpulin adek-adek full team. Kalo mau punya acara kalo ga diniatin banget dan mendadak, hampir pasti ga akan jadi. Jadi waktu kemarin weekend dan semuanya di rumah, langsung ngide deh “camping yuk!”

Karena mendadak jadi ga mungkin cari yang jauh-jauh, setelah browsing sana-sini akhirnya ketemu Mandalawangi Camping Ground. Dia letaknya di area Cibodas, di kaki Gunung Gede Pangrango. Langsung telfon dan masih ada ternyata lapak kosong, oke langsung booking dan pesen tenda sekalian minta diriin. Hari jumat itu, jam setengah 4 sore kita langsung cabut ke Cibodas! Yuhuuuu liburaaaan!

petaAkses_TNGGP

Alhamdulillah karena kami berangkat sebelum jam bubar kantor, jalan tol masih lancar sekali. Jalan di area puncak juga lancar, hanya sedikit tersendat di pasar Cisarua. Sepanjang jalan ini seru banget, karena jalan yang kami lewati di area puncak sebagian besar tertutup kabut tebal yang bahkan susah untuk melihat jalan maklum anak kota ga pernah liat kabut. Oh iya, area Mandalawangi ini letaknya di sebelah kanan. Jadi setelah gerbang masuk Cibodas, ada pertigaan ambil ke kiri ke arah pintu masuk Taman Nasional Gn. Gede Pangrango, terus luruuuus sekitar 500m ada parkiran yangga di aspal, nah itu dia parkiran Mandalawangi. Sampe di parkiran ini kira-kira udah jam 6 sore ini lama karena kita kelamaan berhenti makan gorengan dan udah gelaaap. Setelah parkir mobil, lalu kami jalan ke dalem.

Jalan menuju campsite dari pos masuk itu adalah tangga naik, terus turun. Deket sih cuma sekitar 200m aja, tapi buat yang sakit lutut agak ga bersahabat. Jadi ga bersahabat buat lansia-lansia. Selama tangga ini gelaaaap banget, ga ada penerangan satupun kecuali dari lampu senter yang dibawa sama penjaga camping ground yang nganterin kami kemarin. Bedon keterlaluan sih bisa-bisanya plastik yang isinya senter dan emergency lamp ketinggalan di rumah! waktu sampe di bawah, woooow. Gelap aja keren banget deh tempat ini. Kemarin lagi banyak yang camping, banyak anak SMA pada pelantikan pramuka jadi bonfire disana-sini keren banget. Kami terus jalan sampe ke tenda kami di deket sungai dan apa yang kami temukan? tepat di belakang tenda kami ada warung! HAHAHAHAHAHA udah berat-berat bawa aqua dari bawah ternyata disini melimpah

20150516_204948_resized_1

warung di belakang tenda. lengkap sob!
warung di belakang tenda. lengkap sob!

Setelah masuk tenda dan minta disambung listrik karena elamp yang ketinggalan, kami mulai siap-siap makan malem. Ceritanya mau menghayati banget camping jadi malem itu kami makan indomie dan marshmallow bakar tapi di kompor bakarnya. Karena hari itu pada capek sekolah dan kerja, jadi abis makan dan ngobrol-ngobrol kita semua langsung tewas.

bakar marshmallow diatas kompor
bakar marshmallow diatas kompor
yummy burnt marshmallow
yummy burnt marshmallow

Besok paginya bangun jam 5, sholat subuh, langsung nongkrong-nongkrong di pinggir sungai. Beberapa camper tetangga udah bangun dan masak sarapan. Hari ini kami memutuskan untuk jalan-jalan ke danau dan curug yang ada di camping ground tersebut. Berbekal pengalaman sebelum-sebelumnya bahwa tanda jalan itu jaraknya menyesatkan, ditulis 1km padahal sebenernya 5km, jadi kami memutuskan untuk sarapan dulu. Sarapan pagi itu adalah sosis yang digoreng tanpa minyak, roti bakar dan homemade cream soup yang dibawa pake termos dari rumah.

Jpeg

Jpeg

20150516_094912_resized_1

20150516_094802_resized_1

20150516_083635_resized

Jpeg

sarapan pagi ini
sarapan pagi ini

20150516_093615_resized_1

20150516_091631_resized

Setelah sarapan kami mulai jalan, pertama ke arah danau dulu. Jadi sekitar 50m dari tenda kami ada pertigaan, kalo lurus ke danau, kalo ke kanan ke curug. Karena di tanda jalan jarak ke danau lebih dekat, cuma 60m jadi kami memutuskan untuk ke danau dulu. Sepanjang jalan itu masih banyak tenda-tenda yang bertebaran. setelah jalan kira-kira 100m sampe deh di danau yang yaudah gitu aja. hahahaha ya namanya danau ya semuanya gitu aja. Di danau ini bisa naik kano sih, tapi kami kurang tertarik. Nah di sebelah danau itu ada hutan pinus yang ternyata banyak monyetnya, akhirnya malah lebih seru mainan sama monyet!

Danau Mandalawangi. Ditengah danau ini juga bisa jadi tempat camping
Danau Mandalawangi. Ditengah danau ini juga bisa jadi tempat camping
Ada rumah ini dipinggir danau
Ada rumah ini dipinggir danau
monkey!
monkey!

Selesai mainan sama monyet, kami mulai jalan ke curug. Jalan ke curug ini dari tanah dan karena hari sebelumnya hujan, jadi agak licin, tapi kalo turunan-turunan gitu udah berbatu jadi aman. Nah sekitar 1km kita jalan, akhirnya sampe deh di curugnya. Waktu dateng curugnya kosong, jadi berasa milik pribadi, Sampe bocah-bocah berani buka baju demi berenang. hahahaha. Curugnya kecil sih tapi airnya enak banget dan bersiiiiiih banget, Sekitar 10 menitan kami menikmati curug itu untuk sendiri, akhirnya mulai berdatangan orang-orang dan kami pun beranjak pulang.

20150516_075444_resized
jalan menuju curug

20150516_075324_resized

sepanjang jalan ke curug bisa ngintip-ngintip hutan gini keren banget
sepanjang jalan ke curug bisa ngintip-ngintip hutan gini keren banget

20150516_080429_resized

sok-sokan yoga diatas batu

Sampe di tenda, masih jam 9 pagi tapi rencana main hari ini udah beres dua-duanya. Akhirnya muncul ide buat nanjak gunung gede pangrango. Agak gila sih mengingat kami memang ga prepare sama sekali buat naik gunung, tapi yaudah lah ya naiknya have fun aja gausah pasang target sampe atas yang penting gerak. Eh tapi mengingat jumlah cokelat yang dimakan tadi malem, aku akhirnya memutuskan untuk ga ikut, daripada diatas malah nyusahin kambuh asmanya. Jadi cuma bisa nyariin guide sama nyiapin bekal aja buat mereka. Jadi selama mereka nanjak itu, aku sama ibu seharian makan, bobo dan ngeliatin anak-anak SMA mainan di sungai. Sampe akhirnya tengah hari aku membujukrayu pakbos buat nyusul yang lalu diiyakan! hahahahaha cihuy pakbos nyusul!

Jam 5 sore adek-adek dan ayah sampe lagi di tenda, lumayan mereka jalan 6 jam pulang pergi. Itu juga pulang karena katanya dipaksa pulang sama ayah karena perbekalan yang udah dimakan abis sama mereka. pulang-pulang langsung nyebur sungai karena pegel katanya. Jam 6 sore pakbos sampai bersama scoopy, naik motor loh anaknya katanya touring -.- ada anak kecil kegirangan karena akhirnya malem ini akan bobo sama mas kesayangan.

Setelah makan malam, lalu adek-adek dan ayah langsung terkapar. Aku dan pakbos akhirnya main di warung, makan indomie rebus telur sambil ngobrol ngalor ngidul sama pemilik warung. Sekitar jam 10an akhirnya kita masuk juga ke tenda dan bobok juga! Besok paginya ada yang bangun jam 4 pagi dan jalan-jalan berdua ke danau. Jam setengah 6 kami semua bangun dan main di sungai sambil foto-foto pake tongsis sampe diliatin orang-orang! hahaha

Jpeg

Jpeg

ciee kembang desa cieee
ciee kembang desa cieee
Joko Tingkir mau nyolong selendang
Joko Tingkir mau nyolong selendang

Habis itu, kita sarapan nasi goreng yang pesen dari warung belakang tenda lalu beres-beres dan pulang!

Alhamdulillaaaah bisa jauh-jauh dari panas dan hiruk pikuk jakarta sejenak.

oh iyaaa, Mandalawangi ini juga murmer kok, ini rincian pengeluaran kami kemarin :

  • tiket masuk : 25.000/orang
  • sewa tenda : 150.000 (tenda citarum kapasitas 8 orang, boleh bawa tenda sendiri kok)
  • sambung listrik : 100.000 (kalo cuma butuh lampu, bawa elamp aja. kalo butuh buat charger juga bisa sambung listrik tapi bawa kabel roll sendiri)
  • sewa matras : 10.000/roll (kemarin kita pake 4 roll)
  • sewa guide : 150.000 (ini udah ga bayar tiket masuk ke pendakian lagi)
  • kayu bakar : 10.000/ikat
  • indomie telur : 7000
  • nasi goreng : 10.000

Disini juga bisa sewa sleeping bag sama kasur kalo mau tidurnya ga keras! :p

jadi fail ga post nya kalo di akhir ada selfie kaya gini? :p
jadi fail ga post nya kalo di akhir ada selfie kaya gini? :p
Advertisements

3 Comments Add yours

  1. Waaaaah asiknyooo camping”. Jadi maau :3

    Like

    1. eiariyanti says:

      keren laah lumayan. hahaha deket jugaa. aku sudah menghasut galuh untuk ngajak mama papa yudha tya buat camping hahaha

      Like

  2. Hahaha setujuuu. Ajak ke ranca upas, pancar, kesini lagi juga boleeh :p

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s