Chilli Jam

Seperti yang pernah aku bilang kemarin, kalo salah satu hobiku adalah membuat selai. Sampe semua hal dibuat selai, mulai dari buah yang biasa dibuat selai sampe buah-buah yang jaraaang banget dibuat selai kaya rambutan atau jambu. Nah beberapa waktu yang lalu, aku sempat mencoba membuat selai yang cukup unik, yaitu selai Cabe!

Sebenernya kalo diluar negri udah banyak orang yang makan selai cabe atau chilli jam ini. Biasanya mereka makan si selai cabe ini untuk pelengkap makan daging-dagingan atau keju. Kalau di asia tenggara mungkin sama aja dengan sambal bangkok seperti yang banyak dijual di supermarket-supermarket indonesia juga.

oh iya, saat bikin selai ini kan kita nyari konsistensi yang kental dan lengket kan, mayoritas resep dari dalam dan luar negri menggunakan bubuk pektin untuk mengentalkan konsistensi selai. Tapi berhubung bos besar di rumah agak antipati dengan bubuk-bubuk kimia seperti itu, aku memilih untuk menggunakan pektin alami yang ada di apel.

20150518_090342_resized

Chilli Jam

Bahan :

– 150 gram cabe merah besar (sebagian buang bijinya, sebagian tetep pake bijinya biar agak pedes)

– 1200 gram gula pasir

– 470 ml cuka apel

– 3 buah apel besar

– jar untuk tempat selai (1 resep ini bisa jadi sekitar 400ml)

Cara Masak :

– Sterilisasiin dulu jarnya. Sebenernya banyak cara buat bikin si jar ini steril, tapi karena aku anaknya gamau ribet, biasanya cuma cuci si jarnya terus masukin oven dengan suhu 110C.

– Setelah cabenya dicuci bersih, terus dipotong-potong kasar, gausah potong halus. Terus potongannya, masukin ke food processor, gausah pake air ataupun minyak, blender sebentar biar masih agak kasar.

– cuci bersih apel. setiap apel potong jadi 2, terus tusuk-tusuk kulitnya.

– masukin cabe yang udah di blender, gula, cuka apel dan apelnya ke panci antilengket. Aduk terus menerus, tunggu mendidih dan biarin mendidih sampe kira-kira 15 menit.

– cek konsistensinya udah kental atau belum. caranya dengan naro sesendok selai di piring dingin yang udah di taro di lemari es. tunggu 2 menit, terus colek pake tangan. kalo dia nempel di tangan dan ga netes lagi itu berarti udah cukup konsistensinya.

– matiin kompor, angkat panci dari kompor

– keluarin apel-apelnya, terus buang busa-busa yang ada di panci di atas selainya sampe bersih

– keluarin jar-jarnya dari oven, langsung masukin selainya, langsung tutup rapat dan biarin sampe dingin

TADAAAAAAA!

20150518_090431_resized

Gampang banget kaaan. another cemplung-cemplung recipe. hahahaha. Nah si selai ini enak banget dimakan pake daging-dagingan, kayak ayam rebus, daging rebus, seafood rebus, ikan bakar, daging panggang, ayam panggang, telur kukus, deelel *drooling* Tapiiiiii paling juara di makan pake mozzarella!

Selamat mencoba girls!

259efb1883c5451e2e2834f273756e3a (1)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s