Wedding Venue Part #1

Wedding venue jadi salah satu hal paling krusial dari persiapan pernikahan. Buat temen-temen yang sudah berencana buat pake venue yang dipake banyak orang, kemungkinan besar harus sudah mulai deal tanggal dan segala macemnya dari satu tahun sebelum hari H. Pokoknya yang satu ini ga bisa banget dikerjain mepet, kecuali emang ga masalah mau pake venue apa aja.

Aku dan pakbos udah sepakat untuk cari venue disekitar Taman Mini Indonesia Indah aja, alesannya karena sama-sama gampang diraih baik dari rumah aku ataupu rumah pakbos, selain itu tamu undangan juga pasti ga pusing nyarinya karena yaaa itu di dalam komplek The Famous TMII. Dengan konsep outdoor yang kita mau, beberapa tempat di TMII bisa jadi pilihan. Karena itu beberapa hari kemarin kami sempat survey kesana. Ini dia liputannya! sok asik

1. Museum Indonesia

Museum Indonesia ini salah satu venue yang ingin kita telusuri lebih dalam, karena beberapa kali lihat outdoor wedding di Museum Indonesia selalu wowowowow. Di Museum Indonesia, acara wedding digelar di halaman depan gedungnya, jadi memang konsep outdoor-nya dapet banget. Gedung ini sudah dekoratif banget, jadi menurutku cukup dekor minimalis dan lighting yang baik udah bisa bikin tempat ini oke banget. Venue ini bernuansa bali yang kental, sayang banget karena kurang sesuai dengan konsep wedding yang kami mau., tapi buat teman-teman yang ingin nuansa bali atau konsep nasional yang ga mengacu pada suatu adat tempat ini kereeen sekali.

Gapura Masuk Museum Indonesia
Gapura Masuk Museum Indonesia
Nah biasanya di pintu masuk itu ditaro pelaminan
Nah biasanya di pintu masuk itu ditaro pelaminan

Jpeg

Museum indonesia ini bisa menampung sekitar 1000-1500 undangan. Gedeee banget, jadi buat temen-temen yang emang cuma mau ngundang sedikit, menurutku tempat ini terlalu besar, takutnya keliatan jadi kosong. Nah untuk biaya sewanya itu 16jt rupiah, dengan luas area yang seperti itu menurutku ini worth kok ditambah juga dengan mereka memberikan bonus tiket masuk TMII untuk para undangan. Untuk vendor wedding yang lain disini bebas, ga ada rekanan jadi pasti semua kena charge. Marketingnya Museum Indonesia ini juga asik banget, namanya mbak Ade. Beliau suka mengirimkan foto-foto saat ada acara di Museum Indonesia via wa dan sering banget ngajakin dateng untuk lihat performance dekor mereka di gedung.

Overall, venue ini recommended!

2. Anjungan Jawa Timur

Tempat kedua yang kami kunjungi itu adalah Anjungan Jawa Timur. Aku dan Pakbos sama-sama punya latar belakang Jawa Timur, jadi kayanya keren yaa kalo bisa nikah di tempat yang ada nuansa jawa timuran. Konsep wedding yang ditawarkan oleh anjungan ini adalah semi-outdoor. Taman-tamannya kurang apik, aku kurang sreg sejak pertama kali masuk. Ditambah lagi dengan pihak marketingnya yang ga ada di tempat saat kami survey membuatku makin malas untuk cari tahu lebih lanjut hehehehe. so, im waving a goodbye to anjungan jawa timur 😀

3. Anjungan Jawa Tengah

Kalian percaya sama yang namanya love at first sight? nah, Anjungan Jawa Tengah ini bikin aku percaya sama hal itu. Dari pertama masuk, udah disambut sama jalan setapak yang kanan kirinya pohon rapi udah cinta banget. Taman-tamannya rapi banget, miniatur-miniatur candinya bagus ga norak, joglonya oke, ga terlalu luas juga. Pokoknya cintaaaaa banget, aku bahkan udah kebayang dekor-dekor mau gimana. Padahal saat itu lagi ada acara dan banyak banget orang tapi tetep keliatan kereeen.

Jpeg

Jpeg

Anjungan jawa tengah ini bisa nampung sekitar 500-700 undangan. Harga sewanya 10jt sudah termasuk standing AC 8 buah. Pokoknya udah 99% yakin mau pake tempat ini aja, sampe kemudian ketemu marketingnya dan beliau bilang kalau “2016 kita tutup mas, mau renovasi”. Rusak udah mood hari itu, aku langsung males dan minta pulang. hahaha

4. Museum Perangko

Setelah mood rusak gara-gara si anjungan jawa tengah, akhirnya kami memutuskan untuk pulang. Di jalan pulang kami nemu museum perangko, ini salah satu tempat yang di rekomendasiin sama marketingnya anjungan jawa tengah. Pakbos menawarkan turun untuk liat dulu, yaaa baiklah meski hati masih ga bisa moveon dari anjungan jawa tengah. Pintu masuknya begitu aja sih yaa, terus ada globe gitu di tengah jalannya. Tapi waktu liat tamannya, waaaah ini taman yang lumayan. Ga kaya museum indonesia yang udah kaya lukisan, museum perangko ini kayak kanvas kosong. Tamannya bagus, tapi ga dekoratif jadi lebih bisa di costumized sesuai keinginan kita. Jadi lebih semangat setelah ngeliat lapangan rumput yang lebar gitu. Udah kepikiran ini bisa banget di dekor jadi carnival wedding yang keren.

Jpeg

Jpeg

contoh setelah dekor, maaf foto diambil via google :

DSC09542

DSC09604 (1)

DSC09636

Kami sempat ngobrol sebentar dengan marketingnya. Venue ini luas bisa muat sekitar 700-1000 orang, tapi ga seluas museum indonesia. Untuk harga sewanya 10jt rupiah dan ga dikenakan charge lagi untuk semua vendor yang akan kita gunakan. waaaah asik yaaa hehehe capeng kere. Marketingnya juga ngasih diskon 50% untuk tiket masuk TMII untuk para undangan dan tiket gratis untuk keluarga yang lumayan banget jumlahnya. Setelah hitang-hitung venue ini oke banget untuk budget dan konsep kami. jadi, kemungkinan besar kami akan pakai venue ini untuk acara kami nanti!

Nah itu dia review tentang pencarian wedding venue pertama kami. Semangat mencari venue, dear Bridezillas!

2bd334573119bf07ad26936114c77ea9

Advertisements

93 Comments Add yours

  1. rynprdn says:

    Hai mbak boleh minta CP untuk Museum Prangko? Email saya di ryana.paradina@yahoo.com. Terima kasih.

    Like

    1. eiariyanti says:

      Sudah saya kirim ya 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s