Southern Fried Chicken

Who loves chicken? *ngacung ngacung* Ayam adalah salah satu dari sekian banyak protein yang dikenal di seluruh dunia. Bahkan ayam adalah jenis protein yang paling digemari di seluruh dunia oleh kalangan usia anak-anak. Walaupun bukan anak kecil lagi, ayam tetep jadi bahan makanan favoritku. Selain makannya, ayam juga jadi salah satu bahan makanan yang paling gampang buat diolah jadi makanan yang seru. Salah satunya adalah makanan yang pasti pernah dimakan semua orang at least once in a lifetime, Southern Fried Chicken.

Southern fried chicken atau yang terkenal di Indonesia dengan nama Ayam Goreng Tepung ini merupakan jenis makanan yang gampang banget ditemuin di Indonesia, Mulai dari resto-resto cepat saji sampai stand-stand kaki lima yang bertebaran di sekitar perumahan warga. Rasa dan harganya juga bervariasi, mulai dari yang ga enak sampe yang enak banget. Jadi sebenernya gampang banget dong ya kalo lagi pengen makan ayam ini tinggal keluar sebentar cari kaki limaannya. Tapi memang dasarnya aku yang seneng banget repot, rasanya kurang oke ya kalo ga nyoba bikin sendiri. Udah lama banget sebenernya pengen bikin ini tapi karena kalo bikin sendiri dan enak nanti ga akan dijajanin McD lagi sama pakbos mager, jadi baru terlaksana sekarang.

20150605_131114_resized

SOUTHERN FRIED CHICKEN

Bahan :

1 ekor ayam potong 16 (sebenernya terserah mau potong berapa, tapi kebetulan dirumah adanya yg dipotong 16)

untuk bumbu rendaman :

1 sdt paprika bubuk

1 sdt bawang putih bubuk

1/2 sdt cayenne pepper

1/8 sdt kunyit bubuk

1/4 sdt jinten bubuk

1 sdm lada hitam bubuk

1 sdt sage bubuk

1 sdt ketumbar bubuk

1 sdt jahe bubuk

1/4 sdt pala bubuk

1/4 sdt parsley

untuk coating :

2 cup all purpose flour

1 sdm baking powder

1/4 sdt garam

Cara Masak :

1. Cuci bersih ayam, terus keringin pake kitchen towel.

2. Campur semua bahan rendaman di mangkuk atau baskom besar, aduk rata. Masukin ayam, aduk rata. Pindahin semuanya ke dalam kantong plastik, simpan di lemari es at least 3 jam. Kalau gamau bikin bubuk rendaman ini karena terlalu ribet, pake aja bumbu bubuk instan yang untuk marinade spicy wings  (aku sarankan pake merek sasa). 2 kantung bumbu itu langsung di rub ke ayam dan didiemin. sama 3 jam juga.

3. kalau udah 3 jam, keluarin ayamnya. Campur semua bahan untuk coating sampe rata. terus masukan ke kantong plastik.

4. Masukin ayamnya ke dalam kantong yang isinya bahan coating, satu-satu. Jangan terlalu banyak saat asukin biar ayamnya tercoating dengan sempurna. setelah semuanya di coating, diemin lagi kira-kira 15 menit sampe coatingnya ga powdery lagi tapi jadi mirip kyk pasta.

setelah coating
setelah coating
Setelah 15 menit, sudah ga powdery banget
Setelah 15 menit, sudah ga powdery banget

5. Panasin minyak dengan api gede sampe panas, terus masukin ayamnya satu-satu. Jangan terlalu banyak dalam 1 batch menggoreng. goreng sekitar 3 menit sampe dapet warna coklat muda, seperti gambar.

goreng dengan api besar sampe warna seperti ini
goreng dengan api besar sampe warna seperti ini

6. Setelah warnanya coklat muda, kecilin apinya sampe minimum. Masak sekitar 10 menit. untuk potongan ayam yang lebih besar harus lebih lama, 1 ekor ayam potong 8-10 butuh waktu 25 menit dan ayam potong 12-14 butuh waktu 15 menit. Fase menggoreng dengan api kecil ini dilakukan agar ayamnya mateng rata sampe dalam, tapi ga bikin dagingnya dry dan luarnya gosong.

kecilkan apinya, tunggu 10 menit
kecilkan apinya, tunggu 10 menit

7. Setelah 10 menit, besarkan lagi apinya. Masak ayam sambil dibolak-balik selama 5 menit. Fase ini gunanya untuk memberi warna dan membuat ayam jadi crispy.

8. angkat ayam, taro diatas paper towel atau tisu atau apapun yang bisa nyerap minyak. setelah minya yang tersisa terserap, ayam siap disajikan!

Tadaa! mirip KFC kaaaan? GR
Tadaa! mirip KFC kaaaan? KFC KW
dengan teknik menggoreng kayak tadi, kamu akan dapet ayam yang crispy yang ga melempem sampe berjam-jam tapi masih juicy dan mateng seluruhnya tanpa ada darah-darah lagi
dengan teknik menggoreng kayak tadi, kamu akan dapet ayam yang crispy yang ga melempem sampe berjam-jam tapi masih juicy dan mateng seluruhnya tanpa ada darah-darah lagi

sooooo easy, right?

178914e9208996bd3a998406d06297b0

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s