Comfort Zone

Comfort-Zone

Gatau kenapa hari ini lagi pengen berkicau tentang comfort zone. Mungkin karena beberapa hari lalu abis nyeramahin adek-adek yang kelewat gitu-gitu aja hidupnya (ya gue juga sih). Mikir keras gimana caranya memaksimalkan potensi yang mereka punya, sampai pada kesimpulan bahwa hal pertama yang perlu dilakukan adalah buat mereka keluar dari comfort zone nya.

Comfort zone is a behavioral space where your activities and behavior fit a routine and pattern that minimizes risk and stress. Jadi kenapa dia namanya comfort zone? itu karena dia bikin kamu less anxious, bahagia dan minim stress. In short, it makes you mentally secure. Sayangnya, banyak penelitian yang bilang kalau comfort zone menghambat performa seseorang karena di dalam comfort zone itu ga banyak yang bisa dilakukan. Penelitian lain bilang kalo produktivitas maksimal dapat didapat ketika kita masuk dalam fase ‘Optimal Anxiety’ dimana stress level dalam hidup kita sedikit lebih tinggi dibanding normal, dan state ini ga akan bisa didapat kalau kita tetap ada di comfort zone.

Sebenernya, optimal anxiety ini mungkin sering kita lakukan dalam hidup. Misalnya, buat temen-temen yang proscatinator pasti ga asing sama kemampuan yang terkenal dengan “the power of kepepet” atau yang kalo mau ujian suka belajar SKS, atau yang kalo ujian suka men-challenge dirinya dengan taruhan-taruhan kalo sukses ujian, nah saat itu kalian memposisikan diri kalian ada dalam posisi optimal anxiety sehingga performance yang kalian hasilkan maksimal. Sayang banget, untuk bisa sampai ke optimal anxiety ini kita harus berani meninggalkan rutinitas atau keluar sebentar dari comfort zone.

comfort-zone-2

It’s important to remember there’s a difference between the kind of controlled anxiety we’re talking about and the very real anxiety that many people struggle with every day. Optimal anxiety brings the best in you, but too much anxiety lead to depression. Everyone’s comfort zone is different, and what may expand your horizons may paralyze someone else. The problem is break out from the comfort zone is not as easy as one two three. Im not trying to be an annoying-super-pretentious-girl, but im gonna give you some tip on how to step out of your comfort zone.

  1. Try new different things everyday. apapun, sekecil apapun coba hal yang baru dari biasanya. Misalnya, nyobain tempat makan baru, baca buku dan nonton film dengan genre yang beda, nyoba rute angkot baru, ikut kursus baru, atau mungkin daftar buat jadi volunteer. Ini awal mula dari membiasakan diri mencoba perubahan.
  2. Trust yourself. Break out from your comfort zone means contradicting yourself. Tapi kita dari awal udah punya komitmen kalau ini dilakukan untuk hal yang lebih baik. You have to trust yourself that you can do it.
  3. Travelling. It is the best way (in my opinion) to learn how to step out of your comfort zone. Ketemu orang baru, tempat baru, suasana baru, even makanan baru di tempat tujuan itu cara yang menyenangkan untuk belajar moving out from the comfort zone.

77bdb5dc0043a0814b7b3c11bce910b3

Setelah berhasil keluar dari comfort zone, kita akan jauuh lebih produktif. Selain itu, hal-hal yang sebelumnya kita anggap susah atau mengerikan jadi kelihatan biasa aja atau mungkin gampang. kalau kata ayah, konsep ini tuh kayak memperlebar limit kita ke limit yang lebih tinggi. satu hal yang kita harus ingat adalah, we cant live outside of our comfort zone all the time. We have to come back just to make sure that your anxiety level is not beyond your optimal level.

Even so, your comfort zone is neither a good or bad thing. It’s a natural state that most people trend towards. Leaving it means increased risk and anxiety, which can have positive and negative results, but don’t demonize your comfort zone as something holding you back. We all need that head-space where we’re least anxious and stressed so we can process the benefits we get when we leave it.

718a085a22311da322bbe3dbfdcf970f

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s