Rute Mudik 2016!

Halo guys!

Berhubung masih dalam suasana lebaran, saya sebelumnya akan memohon maaf kepada para pembaca blog saya kayak ada yang baca aja siiiih atas semua kalimat ataupun topik di dalam blog ini yang tidak berkenan di hati teman-teman semua. Semoga Ramadhan kemarin menjadi ajang latihan yang bisa membawa kita semua menjadi pribadi yang lebih baik setahun ke depan yaaaa!

Gimana lebarannya guys? seru kan pastinyaaaah! Coba absen yaaaa, siapa yang beratnya nambah karena timbunan ketupat? *ngacung* Huahahahaha jauh-jauhkan deh timbangan dari kalian saat lebaran. Gimana ga naik ya kaaan, pan lebaran di kampung mah setiap masuk rumah disuruh makan berat, kalo ga makan nanti empunya rumah tersinggung huahahaha. Untungnya kalo lebaran di kampung ayahku ga semua orang menu utamanya ketupat opor guys, banyak yang lain kayak soto sokaraja, pecel kecombrang, olahan entog, bakso dan kue-kue kampung yang bikin pengen tidur ngekepin toplesnya.

Lebaran dan ramadhan di kampung ayahku selalu punya rasa sendiri buatku dan adek-adek. Kami, yang biasa dengan hiruk pikuk jakarta yang bikin keblinger, sangat menikmati adem ayemnya kampung. ketemu nenek, ketemu sepupu-sepupu yang sekarang udah gede-gede dan cuma bisa ketemu setahun sekali, Khataman bersama di masjid, jalan malem-malem lewat pekarangan gelap sehabis tarawih, belanja buat masak lebaran langsung ke rumah-rumah peternak atau petani, lari-lari ke masjid untuk rebutan biar bisa sholat di baris-baris depan, salaman habis sholat ied di masjid yang mengular, berkunjung ke rumah keluarga yang hampir sekampung itu dan menyikat dapurnya semua itu hal-hal yang agaknya terlalu berat untuk dilewatkan setiap tahunnya. Makanya, kami penghuni setia jalur mudik lebaran setiap tahunnya.

Ayahku adalah salah satu manusia paling workaholic yang saya temui besides pakbos. Dia ga akan mudik kalau kerjaannya di kantor masih ada yang menyangkut, jadi hampir pasti kami selalu mudik di puncak arus mudik. Kalian tahu kan macetnya kaya apa, apalagi tahun ini ya. Luar biasa banget itu musibah Brexit, deep condolences for the victims. Prinsip ayahku kalau mudik adalah, gapapa jauh asal jalan terus. Beliau ga pernah mau ngantri macet-macetan walaupun itu adalah shortest way, ayahku prefer untuk muter-muter lewat jalan-jalan kecoa bahkan kadang terabas jemuran orang demi mendapat jalur yang lancar.

Mudikku tahun ini hanya bertemu macet sedikit guys, tapi tetap memakan waktu yang ga sebentar. Perjalanan mudik Jakarta – Kroya kami tempuh dalam waktu 13 jam, yaaa kurang lebih 5 – 6 jam lebih lama dari waktu tempuh bila tidak dalam kondisi lebaran atau liburan. Kenapa cobaaaaa? karena ayahku memutuskan untuk menjajal jalur baru yang tampaknya cukup ampuh. sebagai perbandingan ya guys, sepupu ayahku berangkat di hari yang sama via brexit dan menempuh perjalanan selama 45 jam! lebih dari 3x waktu tempuh perjalananku guys. Penasaran gaaaaa rute mudikku kemarin lewat mana ajaaa? enggaaaak

Jalur alternatif mudik : Tol Cikampek – Tol Cipali – Exit Tol di Kanci – Ciledug – Banjarharjo – Malahayu – Bentar – Salem – Cimanggu – Gandrungmangu – Kawunganten – Jeruklegi – Jl. Srandil – Kroya

Yes guys, kami memang awalnya berencana untuk tetap lewat utara, karena jalur selatan ga akan bearable buat adik sama ibu yang mabokan suspensi tubuhnya agak kurang baik dan sedang dalam kondisi puasa. Jadi awalnya kami berencana untuk keluar tol pejagan lalu lewat ketanggungan, tapi di tengah tol kami lihat kayanya pejagan no hope juga deh bisa berjam-jam disitu, akhirnya kami para navigator mudik mulai mencari jalan yang bisa dilalui dengan kondisi lancar dan ketemu lah jalan tersebut.

Kalian ga akan pernah nyesel deh aslik lewat jalan itu. Jadi yaa si jalan dari margahayu ke salem itu sebenernya kita nerabas Gunung Lio. Nah gunung lio itu adalah salah satu objek pariwisata lokal ya, jadi sepanjang jalan tuh kereeeeen banget. Hutan-hutan pinus gitu deh dan adem banget dan belakangan baru tau kalo disitu banyak wisatanya dan ada rafting jugaaaa!

Yang perlu diperhatikan untuk lewat sini adalah bensin dan kondisi nyali mobil atau motor kalian guys.hahahaha. Jalan ini tuh literally nerabas ya, bukan muterin Gunung Lio. Jadi si jalannya tuh belokannya tajam dan pendek dan curam, kalau menurut ayahku, salah satu yang paling curam sekitar 50 derajat kemiringannya. Jadi persiapkan mental kalian dan kaki kalian buat yang mobilnya manual mobil kalian untuk jadi kereta roller coaster dadakan. Beberapa pengemudi saat melihat tikungan dan tanjakan yang seperti itu memilih untuk muter balik mencari jalan lain. Kami juga sempat berhenti sekitar 20 menit di jalan ini, karena ada mobil yang selip di tengah tanjakan.

Overall, jalan ini bisa jadi salah satu jalur alternatif yang baik dan seru deh buat teman-teman yang mudik ke daerah selatan, seperti kampungku atau jogja. Asal, kalian memang persiapkan hal-hal yang saya bilang diatas ya! Sayang sekali saat lewat jalan ini semua hp mati jadi ga sempat untuk foto.

Semoga bermanfaat untuk teman-teman yang akan mudik di tahun depan! :p Nantikan catatan rute balik mudikku yang ga kalah keren ya!

#MudikSenang

Advertisements

3 Comments Add yours

  1. Saleem. Doi tetiba ngetop gegara brexit hahaha. Di detik orang pd milih lewat sana. Haha bagus” ka. Cuma mikir 10 kali si kl mau lewat sana haha 😂

    Like

    1. eiariyanti says:

      Oh dia jadi ngetop ya? Hahaha aku malah gatauuu. Tapi emang kurleb 3 jam setelah aku lewat situ, aliran mobil ke pejagan brexit di suruh keluar di kanci sih. Huahaha keren looooh asli yg nyetir pun sakit punggung krn tegang hihihi

      Liked by 1 person

      1. Ya kaaa. Ngetop hehe. Aku selama mudik kan kerjaannya bacain detik #efekgakmudiklagi haha. Banyak yg lewat salem salem salem. Aku jadi tau salem bukan warna doang ekekeke tp daerah. Iya doi sempet susah gitu buat nanjak karena jalananny ekstrim. Wkwk cocok-cocok pengalamanny haha

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s