Belitung Day 1!

Hai guys!

Jumpa lagi denganku yang selalu ingkar akan janji menulis teratur. huahahaha. Jadi kemarin kan saya janji mau review vendor-vendor wedding yaaa, tapi karena mager belum selesai memisahkan foto yang akan dipost disinih, jadi saya memutuskan untuk ngepost tentang hal lain dulu ya demi mengobati kangennya kalian padaku :p

Jadi, apa bedanya setelah nikah? yang jelas terlihat, selain setiap pagi harus bangun jam 4 kalau ga lasut untuk prepare sarapan dan bekal pakbos, adalah saya jadi lebih sering main. huahahahaha. Setelah menikah kemarin, pakbos pertama kalinya mengajak lanjalan as an official husband. Horrrraaaayyy! Akhirnya ya pak, kita lanjalan ga ada yang ngintilin nyariin!

Selasa pagi sekitar jam 4.30 bangunnya jam 04.15 aja saudara-saudara, berakhir mandi capung kami berangkat dari rumah menuju bandara Soekarno-Hatta. Setelah menahan kepo berhari-hari, akhirnya di taksi itu pakbos ngasih tau kemana tujuan lanjalan kita. BELITUNG! yaaaaasssh! water is my thing, jadi saya happy banget waktu tau kita akan main ke tempat berair!

perjalanan dari rumah ke bandara memakan waktu sekitar 45 menit, jadi sekitar jam 5.30 kami sudah duduk manis sambil ngunyah eclair beard papa menunggu jadwal naik pesawat. Jam 06.20 pesawat berangkat dan saya langsung bobok. Baru bangun saat akan landing dan sempet liat pulau belitung yang berlubang-lubang karena danau kaolin idiiiiih keren banget deh!

Sekitar jam 7.45 kami keluar bandara H.A.S Hanandjoedin, Tanjung Pandan daaaan ternyata sudah dijemput sama teman kuliah pakbos, kak H. Kak H ini yang sangat berjasa dalam mensukseskan lanjalan para traveller amatir ini, mulai dari ngasih tips, nganterin ke penyewaan mobil, ngasih peta belitung, sampai minjemin hal-hal yang kami lupa bawa kayak monopod. hehehe thank you, Kak!

Tujuan pertama kami tentunya liat kantor dulu dong, obsesi pakbos kayanya ngumpulin foto KPP seluruh indonesia deh. hahahaha. Habis lihat kantor kami memutuskan untuk sarapan. Kak H merekomendasikan untuk makan soto lontong di dekat kantor yang katanya enak banget, tapi sayang sekali tutup. Jadi layaknya turis pada umumnya, kami digiring untuk sarapan Mie Belitung di Mie Atep.

p60816-081307

Mie belitung ini adalah mie kuning basah yang disiram dengan kuah bening berwarna coklat dan ditambah dengan topping berupa tahu, timun, udang, kentang rebus dan emping. Buat saya pecinta kaldu udang, mie ini enaaaak. hahahaha rasa udangnya ga terlalu medhok dan manis asinnya balance banget jadi buat saya ini enak, walaupun menurut pakbos ga ada yang special dari menu ini hehehe. Jangan lupa untuk memesan minuman berupa es jeruk kunci ya! Es jeruk kunci ini terbuat dari sirup jeruk kunci yang merupakan salah satu minuman khas belitung, selain kopi. Rasanya asem manis enak deh ya pokoknya hahaha.

p60816-081605

p60816-081613

Sehabis mengisi bahan bakar walaupun masih ga kenyang, kami kembali ke kantor kak H untuk janjian dengan orang yang akan mengantar mobil sewaan kami. Sistem sewa mobil di belitung ini sebenernya kalau untuk turis biasanya disertai dengan paket supir dan bensin, tetapi berhubung kak H ini kenal dekat dengan yang punya kami akhirnya diperbolehkan untuk bawa mobil itu sendiri! Apa coba kan yaaa yang lebih asik daripada ngebolang di kampung orang huahahahaha.

Kami sudah memutuskan bahwa hari pertama kami ini akan dihabiskan untuk menjelajah belitung timur. Jadi setelah mobil datang, kami langsung berangkat menuju tujuan kami pertama yaitu klenteng Dewi Kwan Im. Perjalanan dari Tanjung Pandan sampai kuil ini kami tempuh sekitar 1 jam 10 menit melalui jalan Bandara – Manggar, guys buat kalian yang biasa bawa mobil di jakarta yang macetnya sampe kayak ibu-ibu rebutan daging, belitung ini surga! Jalanannya kosong bangeeeeet, bisa aja loh di jalan kampung gitu kita ngebut sampe 120 km/jam mehehehehe.

p60816-105438

p60816-110547

Sampai di klenteng, kami langsung berjalan-jalan di sekitarnya. Ohyaaaa, Belitung ini mataharinya ramah banget ya jadi kalau bisa selalu pake sunblock yang spf nya at least 80. Nah bangunan klenteng ini dia ada diatas bukit yang ga jauh dibawahnya itu pantai, jadi dia ngadep pantai gitu deh. cocok banget sih buat yang mau semedi disitu karena suasananya tenang banget. Bangunannya sendiri terdiri dari beberapa taman, bangunan utama, pavilion dan patung dewi kwan im yang superbesar yang sedang dalam tahap pembangunan. Disini saya dan pakbos sih masuk-masuk aja ya sotoy, terus foto-foto, baca sejarahnya dan lihat orang-orang beribadah. hehehe

p60816-112227
maafin aja ya. ga ada foto lain buat si gerbang masuk ini dan terlalu males ngedit :p

p60816-112043

p60816-111702

p60816-111752

p60816-112552

Setelah dari klenteng, kami memutuskan untuk menghampiri pantai yang ada dibawahnya sebentar, yaitu pantai burung mandi. Dari klenteng sampai ke pantai itu deket banget deh asli ga sampe 5 menit udah sampe. Kami langsung parkir di pinggir pantai dan main air kayak di film-film india gitu deeeeh. hahahaha jangan dibayangkan ya ga gitu kok aslinyah! Pantai burung mandi ini sebenernya ga jauh beda sama pantai-pantai biasa, garis pantainya cukup panjang jadi ramah untuk main. Tapi dia ga kaya pantai-pantai belitung pada umumnya yang berbatu-batu. hehehe..

p60816-114419

p60816-114437

P60816-115233.jpg

p60816-120047

Setelah asik main di pantai, cacing di perut mulai demo, jadi kami memutuskan untuk makan apa aja yang ada di pinggir pantai situ demi menghemat waktu. hahaha kami berakhir makan indomie goreng dan nasi goreng serta es kelapa batok yang aslinya bukan main dikasih gula aja ga tapi seger banget sih hahaha.

Perjalanan kemudian kami lanjutkan menuju Manggar, tujuan pertama kami yaitu Museum Kata Andrea Hirata. Dari pantai burung mandi sampai ke Museum Kata memakan waktu sekitar 40 menit. Untuk museum ini, kita harus membayar tiket masuk sebesar 50ribu/orang. Aku tau, sebagian dari kalian pasti saat ini mengernyit sambil bilang “hah? kok mahal?” #LatihanTerawang. Hehehehe tenang saja teman-temaaan, dengan harga tiket masuk tadi kalian akan mendapatkan souvenir berupa novel atau CD musik laskar pelangi looooh. Keren yaaaa!

p60816-143349

p60816-135532

p60816-135642

Museum kata ini didirikan oleh Andrea Hirata pada tahun 2010 untuk melestarikan pelajaran-pelajaran yang dapat diambil dari buku, terutama laskar pelangi. Di dalamnya banyak terpasang wall art yang sebagian besar merupakan quotes yang diambil dari buku-buku. Di bagian belakang museum ini juga didapatkan replika SD muhammadiyah gantong.

p60816-140806

p60816-142456

p60816-142628

Setelah puas berkeliling museum dan foto-foto, kami memutuskan untuk segera berangkat ke destinasi selanjutnya karena hari yang mulai menuju sore. Jarak dari museum kata sampai replika SD muhammadiyah gantong yang digunakan sebagai latar film Laskar Pelangi ini sangat dekat, tidak sampai 5 menit kami sudah sampai. Asli deh yaaa asli banget saya cinta banget liat SD ini. Kalo di jakarta ada SD yang punya halaman luas, udara enak dan langit keren kaya gini sih saya akan hampir pasti masukin anak saya disini. Huahahaha.

p60816-151138

p60816-151716

p60816-151816

p60816-152910

p60816-153059

Di SD ini kami banyak ketemu anak-anak kecil yang lagi main, mungkin anak penjaga warung-warung disekitar objek wisata ini ya, jadi berasa kaya lagi di laskar pelangi beneran. hehehehe

Setelah selesai dari SD replika tersebut, kami kemudian kembali ke Tanjung Pandan untuk menikmati sunset di pantai tanjung pendam yang berakhir pada lihat sunset di alam mimpi masing-masing. Sepanjang jalan pulang, hujan besar dan malah makin bikin cinta Belitung. Hujan, jalanan halus, kanan kiri hutan, jarang banget ada kendaraan lewat tuh bener-bener bikin adem. hahahahaha

Setelah tidur istirahat sejenak kemudian kami makan malam di RM. Bang Pasya, lokasinya di kawasan pantai tanjung pendam. Berbeda dengan kanan kirinya yang berupa cafe-cafe lengkap dengan musiknya, RM ini sederhana pas untuk kami yang sudah kehabisan tenaga karena muter seharian. Disini kami makan gangan ikan. Gangan ikan merupakan makanan khas belitung berupa sup ikan berwarna kuning. Rasanya asam karena menggunakan nanas dan gurih karena ikannya yang masih sangat segar :9

p60816-204447

p60816-205710

p60816-205621

Begitulah cerita Belitung hari pertama kami, see you!

 

Advertisements

3 Comments Add yours

  1. mysukmana says:

    seperti di film laskar pelangi, btw gak ke pantai yang banyak batu dan mercusuar

    Like

    1. eiariyanti says:

      Pulau lengkuas ya maksudnya mas? Soon di upload cerita hari ke-2 nya yaaa hehehe 🙂

      Like

      1. mysukmana says:

        iya benerr..dtunggu y

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s